Pelatihan ISO/ IEC 17025: Pengertian dan Manfaat

Pelatihan ISO IEC 17025

Pelatihan ISO/ IEC 17025 kini sudah banyak bisa Anda temukan di berbagai daerah khususnya kota besar di Indonesia. Pasalnya tujuan utamanya adalah agar seluruh perusahaan di berbagai bidang mampu melakukan sektor produksinya dengan menyesuaikan standar yang ada secara internasional.

Pengertian ISO/ IEC 17025

ISO/ IEC 17025 ini menjadi standar akreditasi yang sudah mendapatkan pengakuan internasional serta memperoleh pengakuan formal untuk sebuah laboratorium dalam hal kalibrasi dan pengujian. Standar ini telah menjadi syarat utama bagi sebuah lab jika ingin terakreditasi.

Di Indonesia sendiri, standar ISO/ IEC 17025 sudah melewati berbagai adopsi dan juga perubahan sesuai sertifikasi ISO/ IEC 17025. Penyesuaian tersebut memang bisa berdampak pada semua laboratorium dengan penyesuaian terbaru. Komite Akreditasi Nasional pun telah menerbitkannya.

KAN sendiri merupakan sebuah Lembaga non struktural di bawah wewenang Presiden yang memiliki tanggung jawab dalam hal standarisasi berbagai hal di tanah air. Badan ini beranggotakan perwakilan dari tiap stakeholder misalnya dunia usaha, instansi pemerintah, professional ahli serta para konsumen.

Prinsip Pelatihan ISO/ IEC 17025

Dalam mengikuti pelatihan ISO/ IEC 17025 ada beberapa prinsip di dalamnya. Pertama adalah menjadi standar yang memakai pendekatan proses dimana hal tersebut sudah sejalan dengan standarisasi sebelumnya seperti 17065, 17021, 15189, 17024, 17020 dan 9001.

Berikutnya, ISO 17025 juga lebih menekankan orientasi terhadap hasil proses bukan deskripsi pekerjaan serta Langkah-langkahnya. Standarisasi ini juga memberikan pendekatan pada teknologi informasi mencakup seperti rekaman elektronik, penggunaan sistem komputer dan pelaporan elektronik.

ISO 17025 memiliki ruang lingkup yang sangat luas mencakup kegiatan laboratorium seperti kalibrasi, sampling dan pengujian. Standarisasi ini memberikan syarat bagi pihak lab untuk bisa berpikir dan beroperasi dengan cara jaminan bahwa seluruh proses telah berjalan sesuai kendali dan valid.

Manfaat Penerapan Pelatihan ISO/ IEC 17025

Berbicara mengenai pelatihan ISO/ IEC 17025 tentu memberikan berbagai manfaat bagi siapa saja yang mengikutinya. Tidak heran jika banyak dari para peserta training bisa langsung mengikuti program standarisasi dan akreditasi sehingga memperoleh pengakuan profesional dari mata masyarakat.

Penentuan Kinerja Personel

Penerapan pelatihan ISO/ IEC 17025 bagi sebuah laboratorium akan memudahkan mereka untuk mengetahui bagaimana kinerja setiap personel. Tentunya masing-masing pekerja bisa menunjukkan apakah pekerjaan selama ini telah sesuai seperti standar atau tidak sehingga dapat melakukan evaluasi

Bagi personel yang terlihat belum melaksanakan jobdesk mereka sesuai dengan standar, maka pimpinan bisa langsung memberikan tindakan. Tentu hal ini bermanfaat bagi keberlangsungan sebuah laboratorium. Nantinya mereka dapat menjadikannya pelajaran untuk kualitas lebih baik.

Mengurangi Resiko Bahaya Pekerjaan

Penerapan ISO/ IEC tentu memiliki tujuan utama agar perusahaan bisa melaksanakan semua sektor produksi dengan baik sehingga mampu mengurangi resiko bahaya pekerjaan. Hal ini menjadi alasan mengapa setiap personil harus menjalankan sesuai standar agar meminimalkan kemungkinan buruk.

Resiko bahaya pekerjaan tentu bisa berasal dari mana saja apalagi jika bersumber atas kesalahan manusia atau human error. Pasalnya hal ini memang tidak dapat Anda hindari melainkan hanya dapat meminimalkan saja. Setiap laboratorium penting untuk menerapkan agar tetap aman selama bekerja.

Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Bagi laboratorium yang juga merambah sektornya di sektor bisnis, bisa menerapkan ISO/ IEC 17025 untuk meningkatkan kepercayaan bagi pelanggan. Tentu saja calon konsumen akan memilih produk di perusahaan dengan nilai kualitas telah tinggi. Hal ini dapat Anda lihat dari akreditasi dan standarisasi.

Dengan penerapan ISO/ IEC 17025, maka sebuah laboratorium memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Setiap customer bisa melakukan pemesanan apapun secara aman dan professional. Tentu saja hal ini menjadi harapan bagi seluruh konsumen sebelum membeli.

Membantu Proses Sistem Manajemen Laboratorium secara Berkelanjutan

Dengan menerapkan ISO/ IEC 17025, maka sebuah laboratorium secara tidak langsung juga mampu mempertahankan kualitas kerjanya. Hal ini dapat Anda lihat ketika lab akan selalu menjalankan semua pekerjaan sesuai standar. Selain itu, penting bagi mereka untuk tetap melakukannya secara konsisten.

Laboratorium yang sudah terbukti terstandarisasi oleh ISO/ IEC 17025 maka secara tidak langsung akan membantu sistem manajemen secara berkelanjutan. Mengingat juga bahwa setiap standarisasi tersebut juga mengikuti perkembangan zaman sehingga lab pun tetap menyesuaikannya.

Meningkatkan Citra Perusahaan

Sesuai dengan poin ketiga, sebuah laboratorium yang terbukti telah terstandarisasi oleh ISO/ IEC 17025 tentu mendapatkan kepercayaan lebih dari para calon konsumen. Pasalnya citra sebuah perusahaan akan langsung meningkat ketika sudah memperoleh akreditasi tersebut.

Laboratorium yang sudah terbukti mendapatkan akreditasi tentu secara tidak langsung juga mengalami peningkatan citra di mata masyarakat luas. Penting bagi mereka untuk tetap menjaganya terutama jika merambah di dunia bisnis.

Sebagai Nilai Tambah dengan Laboratorium Lain

Bukan menjadi hal yang mudah untuk sebuah laboratorium mendapat akreditasi sesuai ISO/ IEC 17025. Pasalnya ada beberapa tahap harus mereka jalani satu per satu sebelum memperoleh standarisasi ini. Nantinya terdapat banyak manfaat sehingga sangat penting bagi perusahaan.

Tentunya akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi sebuah laboratorium jika sudah mendapatkan standarisasi tersebut. Dengan begitu, kemungkinan lebih tinggi untuk menang dalam persaingan jika bersaing Bersama lab ternama lainnya.

Pelatihan ISO 17025 memang penting bagi sebuah laboratorium untuk menerapkannya. Mengingat bahwa setiap pekerjaan di dalamnya memang tinggi resiko mendekati bahaya sehingga harus berjalan sesuai standar bahkan secara internasional.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!