Manfaat Taman di Dalam Rumah

Manfaat Taman di Dalam Rumah

Kini mulai populer kembali membuat taman di dalam rumah karena banyak hunian yang minim akan lahan untuk bercocok tanam. Populasi manusia terus bertambah banyak tapi lahan tanah berkurang sehingga banyak rumah yang tidak memiliki ruang hijau. Penting adanya ruang hijau bagi tempat tinggal yang menjadikan lebih sejuk dan nyaman untuk ditinggali.

Ruang hijau di dalam rumah lebih baik di sesuaikan dengan kesukaan Anda misalnya. Contoh saja di pasar harga sayuran melambung maka Anda akan menanam sayuran. Seperti terong, bayam, daun bawang, cabe dan lain-lain. Jika Anda suka buah atau bunga buat taman di rumah dengan aneka buah-buahan atau bunga yang mudah tumbuhnya.

Apa Manfaat Taman di Dalam Rumah?

1. Memperlancar Sirkulasi Udara

Sudah pasti tumbuhan hijau akan memperlancar aliran udara karena tumbuhan membawa oksigen segar yang di konsumsi untuk semua makhluk hidup. Jika rumah Anda sumpek atau pengap udaranya bisa jadi di tempat tinggal Anda minim atau tidak ada taman maka Anda harus mencoba membuat ruang hijau di dalam hunian Anda.

2. Dapat Pencahayaan Alami

Tumbuhan sangat memerlukan bantuan sinar matahari untuk melakukan aktifitas fotosintesis. Maka, ruangan di sekitar ruang hijau akan mendapat sinar matahari dan bisa dijadikan pencahayaan alami untuk menghemat sumber energi listrik. Bagus juga untuk ruang sekitar dengan adanya sinar matahari supaya meminimalisir pertumbuhan jamur.

3. Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Beda tanaman beda fungsinya karena setiap tanaman memiliki keistimewaan masing-masing. Seperti ada tumbuhan yang dapat menyerap bahan kimia, membersihkan udara, menenagkan suasana hati dan menghilangkan insomnia. Jadi buat Anda yang suka kesulitan untuk tidur coba untuk membuat taman di dalam rumah.

Dimana Tempat Yang Sesuai?

Semua tempat di dalam tempat tinggal bisa Anda berikan sentuhan nuansa hijau tumbuhan. Namun alangkah baiknya jika memanfaatkan area tempat tinggal yang jarang atau tidak pernah terpakai. Dengan sentuhan desain interior profesional, maka area bawah tangga yang sangat bisa di manfaatkan sebagai ruang hijau di dalam rumah.

Semua tempat di rumah sudah terpakai tidak ada ruang kosong. Tenang, Anda bisa menggunakan konsep vertikal garden. Vertikal garden adalah alternatif membuat ruang hijau dengan metode tegak lurus. Media yang digunakan untuk metode vertikal garden itu sendiri adalah dinding atau tembok. Lebih lanjut kami ulas artikelnya di bawah ini,

Tips Bikin Taman Dengan Lahan Sempit

Tak setiap hunian atau tempat tinggal memiliki lahan yang luas karena tipe perumahan sekarang sangat minim sekali lahan apalagi Anda menempati apartemen. Maka, Anda harus cerdas memanfaatkan lahan yang sempit untuk berkebun agar memiliki ruang hijau di dalam rumah Anda. Karena melihat fungsi tumbuhan yang telah kami ulas di atas, sehingga penting bagi Anda untuk memiliki taman atau ruang hijau disalah satu ruangan Anda.

Bagi Anda yang memiliki hobi berkebun namun memiliki lahan terbatas. Jangan khawatir kami punya solusinya terbaik untuk Anda praktekkan di rumah. Kami akan berbagi tips membuat taman atau ruang hijau dengan lahan sempit. Semua ruang pada hunian Anda bisa di berikan nuansa tumbuhan tapi harus menyesuaikan fungsi ruangan tersebut dan tumbuhannya.

a. Buat Vertical Garden

Menjadi pilihan pertama jika Anda tak banyak memiliki lahang kosong di tempat tinggal Anda. Dengan menggunakan metode vertikal Anda bisa membuat taman bunga atau kebun sayur sendiri di rumah. Bisa dengan menempelkan atau menggantungkannya di dinding serta memakai alat seperti peralon yang sudah di rancang untuk taman vertikal.

b. Memanfaatkan Barang Bekas

Anda juga tak perlu repot-repot membeli pot di toko untuk berkebun. Jika di hunian Anda memiliki barang bekas seperti toples, plastik minyak, botol dan barang bekas lain yang sekiranya bisa Anda jadikan pot. Karena Anda bisa menghemat biaya sehingga alokasi dana bisa Anda belanjakan pupuk atau media tanam untuk menunjang kesuburan tanaman.

c. Metode Hidroponik

Hidroponik dapat Anda praktekan pada hunian yang memiliki lahan sempit. Dengan memaksimalkan air tanpa menggunakan tanah dan memenuhi nutrisi dari tamanam. Anda bisa meletakan tanaman hidroponik ini di tempat yang Anda inginkan

d. Satu Pot Berbagai Jenis Tanaman

Ide yang satu ini bisa Anda terapkan pada kebun atau taman Anda. Yaitu penanam beberapa jenis tanaman dalam satu wadah pot besar, sehingga lebih efekti dan tidak banyak memakan tempat. Cocok buat Anda yang malas untuk merawat banyak tanaman maka ini bisa menjadi solusi terbaik buat Anda yang ingin memiliki kebun sayur.

e. Taman Bertingkat

Bagaimana itu taman bertingkat? Apakah Anda pernah tahu konsep terasering yang berada di kawasan dataran tinggi seperti perbuktian atau kaki gunung. Nah, konsepnya hampir sama namun di sini Anda membuatnya dalam bentuk sederhana menyesuaikan lahan kecil. Anda jadi mudah membedakan jenis tanamannya yang berada di tingkat pertama hingga tingkat terakhir.

d. Agar Lebih Rapi Dengan Kantong Tanaman

Ribet menggantungkan pot pada dinding? Anda bisa mengganti pot dengan kantong tanaman lebih rapi dan lebih mudah untuk di gantungkan pada tembok hunian Anda. Dan jika Anda ingin memindahkannya tak perlu satu-satu, cukup sekali saja maka semua tanaman pada kantong akan terpindah sekaligus. Cari yang satu set kantong tanamannya agar lebih praktis.

Nah, itu tadi tips dari kami untuk Anda yang ingin membuat taman atau ruang hijau di dalam rumah dan lahan yang sempit atau minimalis.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!