Hikmah Puasa Ramadhan

Hikmah Puasa Ramadhan

Tinggal menghitung hari umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa. Ibadah tersebut tidak hanya menahan rasa haus dan lapar, namun juga menahan diri dari nafsu mulai dari terbit fajar sampai matahari terbenam. Menjalankan ibadah puasa tidak hanya menjalankan perintah Allah SWT, namun ada hikmah puasa Ramadhan yang bisa Anda peroleh.

Apa Saja Hikmah Puasa Ramadhan?

Salah satu hikmah puasa Ramadhan yaitu melatih seseorang meningkatkan ketaqwaan pada Allah SWT. Selain itu, masih banyak hiKmah lain ketika kita berpuasa. Apalagi jika menjalankannya sepenuh hati. Mau tau apa saja hikmah puasa Ramadhan?

Meningkatkan Keimanan Kepada Allah SWT

Hikmah puasa Ramadhan pertama yaitu bisa meningkatkan keimanan kepada Allah SWT dan Rasullah Saw. Kewajiban ibadah puasa pun tertera dalam surat Al-Baqarah 183 yaitu:

Ayat di atas menunjukan bahwa salah satu hikmah puasa Ramadhan yaitu supaya Anda dapat memperoleh derajat keimanan yang lebih mulia. Dengan melaksanakan ibadah puasa berarti umat Islam sudah melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi laranganNya. Hal tersebut bernama dengan takwa.

Melatih Mengkontrol Hawa Nafsu

Hikmah ke dua yaitu bisa melatih mengontrol hawa nafsu. Dengan melakukan puasa, seseorang diharapkan dapat menguasai dan mengontrol berbagai tindakan terlarang. Pada salah satu hadist, Allah berfirman:

Dari hadist di atas kita simpulkan bahwa sebaiknya ketika menjalankan ibadah puasa dengan menghabiskan waktu mengerjakan berbagai hal bermanfaat yang dapat menciptakan kebaikan dan juga kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Melatih Merubah Diri Menjadi Lebih Baik

Hikmah menjalankan ibadah puasa Ramadhan terakhir yaitu melatih merubah diri menjadi lebih baik. Seseorang yang berpuasa biasanya cenderung ingin selalu melakukan hal baik dengan sesamanya. Hal tersebut merupakan hikmah yang baik, sedangkan jika melakukan perbuatan tercela, maka ibadah puasa yang telah dia lakukan akan sia-sia. Rasulullah bersabda:

Itulah ke tiga hikmah puasa Ramadhan yang dapat Anda petik. Ada baiknya ketika menjalankan puasa diisi dengan hal-hal atau kegiatan positif. Lakukan sesuatu yang sekiranya bisa memberikan keuntungan, baik bagi diri sendiri atau orang lain. Selain itu, tinggalkan perbuatan yang tidak baik seperti bohong, gibah, dan halĀ  buruk lainnya, supaya puasa Ramadhan kita dapat di terima oleh Allah Swt.

 

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!